Selasa, 08 Mei 2012

wota

Home Members Gallery Songs Game Others English Apa Arti Wota? February 5, 2012 News By JKT48wota 35 comments PERHATIAN: BACA SETIAP PARAGRAF DENGAN BAIK, JANGAN SKIM & SCAN ATAUPUN DI SKIP. Akhir-akhir ini suka ada salah paham bahwa “wota” itu adalah nama khusus fans JKT48. Kenyataannya bukan begitu lho.. Disini saya akan mencoba menjelaskan asal-usul dan arti kata wota. :) Sebelumnya saya perlu bilang bahwa yang saya tulis di bawah ini adalah berdasarkan dari pengalaman dan informasi yang saya punya. Karena hal ini bersifat kultural jadi kadang agak susah untuk cari sumber atau bukti yang konkrit tentang ini. Kalau ada hal yang dirasa salah atau perlu ditambahkan, sampaikan dengan jelas dan informatif pada kolom komentar di bawah. Selain itu, artikel ini memang bermaksud untuk membedakan antara wota dan fans, tapi TIDAK bermaksud untuk mendiskriminasi. Wota itu mestinya co-exist dengan fans dan yang bisa menentukan apakah seseorang itu wota atau tidak hanya diri sendiri. Jangan menindas orang lain dan menilai bahwa mereka hanya newbie. Semua pendukung JKT48, ataupun grup idol lain pada umumnya, mestinya akur dan membuka pintu lebar-lebar untuk pendukung baru. Ingat semua orang itu awalnya pasti Beginner. Jadi tolong simak artikelnya baik-baik dan camkan bahwa artikel ini hanya bersifat informatif. Otaku Sebelum membahas wota, mari kita lihat apa arti kata Otaku. Disini saya akan mengutip kata-kata Shokotan dari video berikut. Otaku(オタク)dulu itu konotasi-nya negatif, sering di gambarkan sebagai orang anti-sosial yang ga pernah keluar rumah, tapi seiring waktu konotasi nya berubah dan Otaku ditulis sebagai wotaku(ヲタク)(dibaca “Ootaku”) untuk membedakan dari konotasi Otaku yang dulu. Wotaku(ヲタク)juga bisa disebut wota(ヲタ)(dibaca “Oota). Definisi Otaku adalah “orang yang punya dedikasi tinggi terhadap hobby-nya”. Disitu juga di sebutkan bahwa otaku adalah subculture yang umumnya mengarah pada penggemar anime dan manga, tapi walaupun begitu ada juga berbagai jenis otaku yang lain, tergantung bidang apa yang mereka dalami. Contohnya adalah Manga wota, Seiyuu(voice actress) wota, Idol wota, Maid wota, Train wota, Figure wota, Anime wota, dll. Dari sini muncul adaptasi/nama lain dari nama-nama wota tersebut. Contohnya: Anime wota -> Aniwota, Maid wota -> Maidsuki. Nah, untuk Idol wota, proses-nya sendiri saya kurang tau, tapi sekarang kata “wota” sendiri itu identik dengan Idol wota. Wota Lalu apa arti kata Wota? Mereka adalah orang-orang yang mempunyai dedikasi tinggi untuk mendukung dan mengikuti perkembangan idol-idol mereka. Antusiasme dan obsesi yang mereka punya lebih tinggi dari fans. Dibawah ini ada contoh-contoh aktifitas/karakteristik/barang yang akan ditemukan pada seorang wota. Ini hanya contoh yang saya berikan untuk menunjukan lebih jelas tentang antusiasme dan obsesi yang para wota punya, dan ini BUKAN sebagai acuan pasti untuk menentukan apakah seseorang itu wota: 1. Punya lagu-lagu Idol. 2. Punya poster Idol. 3. Melakukan teriakan-teriakan dan gerakan-gerakan khusus (chants & wotagei) ketika menonton performance. (Info lebih lanjut disini.) 4. Memakai kaos bergambar Idol. 5. Pergi ke event-event tertentu untuk mendukung Idol-nya. Malah, kalau mau contoh yang lebih ekstrim lagi, ada wota yang buat kue ulang tahun untuk ultah Idolnya dan merayakannya sendiri. Dekorasi nuansa Idol di mobil ataupun kamar juga bisa digunakan sebagai contoh. Koleksi barang-barang yang berbau Idol juga bukan hal yang jarang. Lalu gimana caranya tau saya seorang Wota? Karena wota ini sifatnya kultural susah untuk bisa kasih klasifikasi yang akurat. Jadi yang bisa menentukan seseorang itu wota atau nggak hanya diri sendiri. Jangan percaya penilaian orang lain dan juga jangan menilai orang lain. Yang tau seberapa besar dukungan seseorang terhadap si Idol hanya orang itu sendiri. Kalau memang perasaan itu sudah masuk dalam tingkat wota maka orang itu seorang wota. Saya merasa diri saya wota tapi minder banyak sepuh yang udah jadi wota dari dulu Jangan merasa terintimidasi sama wota yang lebih berpengalaman, atau lebih punya banyak barang barang Idol. Yang penting itu perasaan-nya, kalau soal merchandise dan collectibles itu sesuai budget aja. Ingat semua orang itu awal-nya Beginner. Saya fans gimana dong? Jangan berhenti dukung grup Idol yang kalian suka. Walaupun ada wota bukan berarti pendukung suatu grup idol itu 100% wota. Sebagai sesama penggemar kita harus co-exist dan saling menghormati. Nama fans JKT48 apa dong? Untuk grup idol, pada umumnya ga ada nama khusus untuk fans. Fans ya ‘fans’. Karena itu fans JKT48 ya disebut ‘fans’. Wota pun kalau diartikan secara dasar ya ‘fans’ juga. Ada form daftar jadi “Wota Official” di link ini, apaan tuh? Nah, ini salah satu alasan kenapa saya bikin artikel ini. Hal ini mungkin terjadi karena salah paham bahwa ‘wota’ itu nama fansclub JKT48. Setelah baca artikel ini, pasti sekarang udah tau kan bahwa faktanya itu ga ada yang namanya wota resmi atau daftar-daftaran untuk jadi wota. Disitu bahkan bawa nama official dan nama saya sendiri. Perlu diingat saya tidak ada hubungannya sama form daftar itu dan si pembuat memakai nama saya tanpa ijin. Ingat juga bahwa ngaku-ngaku official itu tidak baik ya! Sebagai penutup, saya mau tekankan bahwa artikel ini sifatnya informatif. Saya hanya ingin meluruskan salah paham bahwa “wota” itu nama khusus fans JKT48. Saya juga ingin mencegah orang-orang untuk memberi label ‘wota’ pada dirinya tanpa tau arti sebenarnya. Tidak semua orang anggap menjadi wota itu sesuatu yang baik, karena itu sebelumnya ada baiknya untuk tau makna-nya. Ingat sekali lagi bahwa artikel ini memang membedakan, tapi tidak mendiskriminasi. Sebagai sesama pendukung JKT48 baik wota maupun fans harus sailng menghormati. Jangan memaki fans baru karena mungkin saja di masa depan dia akan jadi pendukung setia. Selalu buka pintu yang lebar dan sambut fans-fans baru dengan baik. Dukung terus JKT48 dan sekali lagi ingat kalau semua itu dimulai dari Beginner! 35 comments vee says: February 5, 2012 at 4:25 pm nice, agar ga banyak yg salah paham , tdnya pgn juga bikin artikel kyk gini , tp ga ngrti carana ==a Reply ibang says: February 5, 2012 at 5:10 pm arigatou bang, wawasan tentang ap yg slama ini saya kaga paham skg suda paham ;) apa yg ud di informasikan mnurut saya suda detil ;) lanjutkan jyaa jyaaaaa~ ! Reply M83 says: February 5, 2012 at 5:30 pm nambahin aja, sejauh yang saya tau, wota dan otaku itu termasuk “gelar” honorifics, yang berarti setara dengan “gelar” yang lebih umum, kayak -kun, -chan, -san, -senpai, dst. jadi MENURUT saya, nyebut diri sendiri wota itu kurang sopan :) CMIIW, ini cuma hasil googling aja. Reply JKT48wota says: February 5, 2012 at 8:25 pm hmm saya ga pernah mendengar ada orang yang menggunakan kata wota/otaku seperti menggunakan honorifics. Akan sangat membantu apabila M83 bisa berikan link ke “hasil googling” yang di maksud :) Reply kuronekomaru says: February 5, 2012 at 7:50 pm keren ih artikel-nya. .sankyuu udah di bahas ^^ jadi makin jelas kan definisi wota itu apa. . . share ah. . Reply Brian Handias says: February 5, 2012 at 8:18 pm Ooh.. Gitu. Kalo gitu berarti saya sadar akan posisi saya. Berarti saya baru dalam taraf “Fans” atau “Supporter”. Karena untuk bisa di bilang “WOTA” saya masih merasa newbie. Thanks atas infonya… Reply Nsamelwanda says: February 6, 2012 at 1:54 am Saya juga jd jelas, thanx a lot. I’m 31 this year, married for 2,5 years now, tp dr kecil sangat terkesan dgn budaya jepang. Terutama anime, tokusatsu, dan tahun terakhir ini tertarik dgn AKB48, apalagi sejak tahu kalau mereka membuka sister group mereka di Jakarta, yaitu JKT48. Saya sangat terkesan dengan dedikasi dan komitmen mereka yg sejak muda sdh berani terjun ke dalam dunia itu. Reply Charlie says: February 5, 2012 at 8:19 pm wow, nice banget ini.. kalo ada yang salah paham soal wota dan semacamnya bisa saya kasih link ini.. Thanks banget buat artikelnya! Reply NateRaivers says: February 5, 2012 at 8:23 pm wah informasi penting nih gan …. nice :) Reply Hyperseele says: February 5, 2012 at 8:37 pm Ayo! Buat yg lain kita bantu sebarin ini di Facebook ato Twitter yok!!! Biar yg lain ga salah ngerti juga… Reply R3N0 says: February 6, 2012 at 6:43 pm Thanks infonya……. sangat membantu karena disini saya juga newbie…… wah kalau baca artikel di atas jadi ingat lagunya AKB48 yang lagunya BEGINNER, hehehehe…………… Reply koushi says: February 7, 2012 at 2:46 pm Wah pembahasannya sip. Ada videonya lagi… Cuma di bagian cara baca ditulis “Ootaku”dan “Oota”… Mungkin lebih tepatnya cuma “Otaku” dan “Ota” soalnya di bahasa Jepang o panjang “oo” dan o pendek “o” itu beda (dan ヲ dibaca sebagai o pendek)). Terlepas dari cara baca aslinya, kalau saya sih karena orang Indonesia jadi menurut saya baca “wota” sebagai “wota” nggak masalah (kaya “bmw” dibaca “be-em-we” dan “akb48″ yang saya dan teman2 baca sebagai “a-ka-be empat delapan” dari sejak awal ngikutin). Terus buat pembaca, kalau mau ngaku wota, yang paling penting beli produk orisinilnya ya sebagai bentuk dukungan! Ditunggu tulisan2 berikutnya… Reply Ryuzaki says: February 14, 2012 at 3:18 pm Aaaa Yossha Ikuzo! Taiga Faiya Saiba Faiba Daiba Baiba JyaJya! \\(^o^)// Reply suzushikitsune says: February 16, 2012 at 9:05 pm nyaaaaa sipsip sankyuu infonya yaa :D Reply JKT48FansAuthor says: February 20, 2012 at 7:16 am Boleh saya share di blog saya .maksudnya copy. ^.^ Reply JKT48wota says: February 20, 2012 at 7:59 am Halo, kalau mau kasih link nya aja. Saya akan sangat menghargai kalau artikel ini tidak di copy ke tempat lain. Terima kasih :) Reply JKT48FansAuthor says: February 23, 2012 at 6:51 am O.K . tapi kalo saya copy tulisannya beserta saya cantumkan link nya gmana ? Reply akhirat says: February 22, 2012 at 12:36 pm terima kasih atas artikelnya akhirnya saya menemui juga makna dari wota soalnya saya sangat ingin tau apa arti sebenarnya dari wota :) Reply Anonymous says: February 25, 2012 at 7:58 pm yes semua diawali dari beginner Reply Faris Joker says: March 13, 2012 at 9:18 am Artikel ini sangat bagus dan informatif….. Reply viqhran says: March 21, 2012 at 1:40 pm waaawww begitu ya, ane suka JKT48 gak punya poster2 nya, tapi suka ngedit fotonya aja T_T Reply ananda says: March 22, 2012 at 11:28 am makasih atas semua infonya.. jadi lebih paham.. bener bener detail ya informasinya.. :) like.. saya ijin share ya Reply Julio Itsuki A-Timez says: March 25, 2012 at 11:34 am Sankyuu buat infonya ya… Hehehehehe cma saja gw bkn fans jkt … Gw fansnya idoling!!!… Reply Hans says: March 27, 2012 at 1:07 pm saya hanya sangat suka dengan JKT48 dan AKB48, saya mengoleksi lagu” mereka dan mempunyai MV mereka… ketika ada event dimana acchan mau graduate dari AKB48, saya sempat bertanya ke sana kemari, bahkan sampai mention beberapa member dengan @achanjkt48, lalu saya tny kpd member berinisial “S” tetapi dia tidk mnjawab siapa achan yg saya maksud, dia hanya menjawab seperti ini “…….” diikuti oleh akun jktgallery sperti ini “apa2an ini……” sebagai newbie seharusnya mreka ngasih tau kesalah tafsiran saya, bukan menjudge kalau saya main”… dari situ saya merasa kecewa, bahkan ada beberapa fans/wota yg mention dengan maksud mengejek saya… esokannya saya curhat ke Stella, dan dia memberi saya semangat untuk selalu memberi krtik dan saran kepada jkt48.. dan berkat dia, saya mulai semangat kembali mendukung JKT48.. salam Fans JKT48 :) Reply JKT48wota says: March 27, 2012 at 4:24 pm Kemarin itu ketika pengumuman graduation Acchan mood semua orang lagi jelek, jadi sebaiknya maklum dan gausah di ambil hati, waktu bertanya nya lagi ga baik aja.. dukung terus AKB48 dan JKT48 dan jangan malu untuk bertanya kedepannya ya ^^ Reply Phikong AE says: April 7, 2012 at 10:18 pm Good information thanks.. Reply AGNI says: April 9, 2012 at 6:03 pm walaupun aku udah punya banyak koleksi lagu, gambar, sm informasi” penting family48 mending aku nyebut diriku sendiri FANS aja dah, ^^ Reply Mukti Van Der Woodsen says: April 10, 2012 at 9:46 pm watashi wa JKT48 no Fans desu!! Reply regiinnaaa says: April 16, 2012 at 5:24 pm aku sukaa sama artikelnya, aku jadi tau arti wota yang sebenarnya.. jadi aku mau share ke facebook sama twitter yaa, supaya yg belum tau jadi tau.. mohon izin :) Reply JKT48wota says: April 16, 2012 at 7:14 pm okee silahkan kalau mau di share linknya ke artikel ini~ ^^ Reply malinghatijkt48 says: April 19, 2012 at 9:57 pm Thx B4 infonya,,tapi masih bingung neh.. fans jkt48 di panggil apa donk?? gk asik kan kalo dipanggil fans doank?? liat ttngga sebelah udah punya panggilan fans ny,, ex: iconia buat fans 7icon smasblsh buat sm*sh cangcurtRanger buat Changcuters Slankers buat slank oi buat om iwan.. nah masa fans jkt48 cuma di panggil fans doank seh?? Reply Fuurara says: April 29, 2012 at 2:21 pm Emang cuma fans doank kk, di Japan sendiri g ada istilah panggilan fans dari AKB48. terlebih fans kan luas, dan lebih lebar serta terbuka dibandingkan jika dipanggil dengan sebutan militan khusus. Kalau merasa aneh biasakan saja ^^ Reply Rui M~doru says: April 30, 2012 at 8:37 am Woooh sankyuu buat inpo’nyaa kk ^0^ mskpun dah lmyn bnyk koleksi2 ttg kluarga bsar -48 tp rui msh fans yaa w w msh trllu newbie untk jd wota uhuhuhu oiya kalo demen bgt ma hello! Project,nogizaka46 tu jg wota kah? Reply Rui M~doru says: April 30, 2012 at 8:44 am Sankyuu buat inpo’ny kk, jd bnr2 ngrti skrg xD oiya kalo yg dmen bgt ma hello! Project,nogizaka46 jg dsbut wota ya? Reply Juergen-kun says: May 3, 2012 at 10:57 pm sumpah nih bener2 bermanfaat, makasih banyak nih infonya.. selama ini ane selalu bingung.. arigato gozaimashita! Reply Leave a Reply Login with: Your email address will not be published. Required fields are marked * Name * Email * Website Comment © 2012 JKT48.org - Independent Fansite not affiliated with any official body. JKT48 Fansite All about JKT48 Useful Links Facebook Group "JKT48 OSHI!" JKT48 Official Site JKT48 on AIF JKT48 on IDWS JKT48 on JPHiP JKT48 on Kaskus JKT48 on STAGE48 Archives April 2012 March 2012 February 2012 January 2012 Tags 100% ampuh aitakatta akb48 beby birthday brownies bukan 4 mata commercial concert event facebook fanmade gallery global tv google+ heavy rotation iklan Japan jkt48 JKT48 Diary jkt48 school JPOP Culture Fest kimi no koto ga suki dakara konser laurier liputan koran/majalah liputan tv list magazine mio j performance performance aitakatta inbox sctv photoshoot putih abu abu saitama super arena sharp singapore social network teater teen trans7 Trax FM warna wawancara yamaha Categories Birthday Gossip Lyrics News Others Tutorials Videos Meta Register Log in Entries RSS Comments RSS WordPress.org ↓ Sorry, currently site updates will be delayed but please expect normal updates & new features/content by mid of May. Thank you :) ☃

Tidak ada komentar:

Posting Komentar